"The Hell" Part - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

"The Hell" Part

Ada temanku yg bilang, kalau cerita ttg Qatar jangan cuma enaknya aja, "Neraka"-nya juga harus diceritakan. Sehubungan dengan hal itu, berikut ini salah satu sisi lain dari kehidupan di Qatar. Mudah2an kita bisa menarik hikmah dari tulisan yg saya copy dari email di milis Qatar.
Telah kami dengar dan lihat secara langsung , bahwa ada sebagian saudara kita pekerja dari Indonesia berjumlah 16 orang yang saat ini di pekerjakan di sebuah perusahaan di Messaied ( pabrik bahan isolasi ) sedang menghadapi masalah yang sangat memprihatinkan.
Dari informasi yang langsung kami dapatkan dengan berkunjung ke tempat tinggal 16 orang tersebut , mereka telah tertipu oleh broker / calo tenaga kerja yang tidak bertanggung jawab.
Di antara masalah mereka adalah :
  1. Dari gaji yang di tawarkan waktu tanda tangan kontrak kerja yang tertulis QR 1000,- , ternyata sampai di Qatar hanya terima QR 600,- perbulan
  2. Dari gaji yang mereka terima QR 600,- di potong oleh perusahaan /sponsornya sebesar QR 300,- , jadi sisa gajinya hanya QR 300,-. Dari jumlah ini mereka kirim ke keluarganya di tanah air QR 200,-. Jadi sisanya QR 100,- ( kita bisa bayangkan dengan sisa uang 100 reyal tersebut untuk hidup di qatar ) , dan ini sudah berjalan selama 11 bulan.
  3. Tempat tinggal mereka yaitu di depan /seberang jalan kantor pos Wakrah / samping toko buah Lebanese, kondisinya sangat jauh dari layak ( tidak manusiawi ) , ruangan 8 x 6 mtr yang kotor dan lusuh di huni 16 orang .
  4. Mereka sering sakit – sakitan , jadi kalau tidak masuk kerja , di potong gajinya.
  5. Kebanyakan mereka membayar sejumlah uang , untuk biaya keberangkatannya ke Qatar sebesar 7 juta bahkan ada yang 11 juta rupiah ke broker di tanah air dan di sinipun masih di potong gaji 300 reyal tersebut dengan alasan untuk membayar agen yang mengirim mereka ke Qatar.
  6. Mereka pernah mengajukan protes ke sponsornya , namun di balas dengan sadis yaitu di lepas Air Conditioner yang ada di baraknya , padahal waktu itu musim panas.
Note: Bagi yg berempati dan ingin membantu rekan2 tersebut, silahkan hubungi saya via email, nanti saya akan kasih kontak person orang yg mengkoordinasi bantuan tersebut.

4 komentar:

Zuhair mengatakan...

Mereka cocoknya/butuhnya bantuan dalam bentuk apa?

Langsung duit (Sumbangan)? atau bentuk lain (disewakan tempat tinggal lain yg lebih layak), bantuan hukum? tiket pulang atau yang lain?

Syarif Achmad mengatakan...

Sementara ini yang kita bisa bantu adalah dalam bentuk uang.
KBRI dan Permiqa sedang mengusahakan bantuan dalam bentuk lain, seperti hukum

Anonim mengatakan...

anto: kelihatannya selain bantuan logistik, sangat diperlukan bantuan SOLUSI permanen agar mereka bisa terbebas dari (mohon maaf sekali) perbudakan moderen ini.

30 Oct 07, 20:19
anto: krn jika dideportasi,meski mereka akan diBAN masuk qatar lagi, namun mereka bisa pulang dengan selamat ke RI dengan tiket gratis.agak2 mirip dgn kasus pembantu yg melarikan diri dari majikannya.

30 Oct 07, 20:17
anto: saya sangat terusik dengan info THE HELL PART yg barusan Pak Syarif tulis.apakah dimungkinkan mereka melarikan diri ke KBRI untuk meminta dipulangkan / dideportasi?

Syarif Achmad mengatakan...

Silahkan berdiskusi di http://tentangqatar.vsouq.com/node/65

Post Top Ad