Customer Satisfaction? Ugh.... - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Customer Satisfaction? Ugh....

Memang agak jarang aku bisa menemukan pelayanan yg bagus di Qatar. Maksudnya pelayanan adalah bagaiman cara seorang penyedia produk atau service memberikan sesuatu yg membuat pelanggan senang dan membuat si pelanggan ingin kembali lagi ke sana. Bila di Indonesia bank2 berkompetisi dengan sangat ketatnya untuk memuaskan pelanggan masing2, situasi ini akan sulit ditemui di Qatar. Kita harus antri berjam-jam untuk membuka rekening atau hanya untuk sekedar mengambil kartu ATM.
Sadar dengan pelayanan seperti itu, aku berusaha mencari bank yang berkategori baik untuk membuka akun tabungan. Setelah bertanya2 dan browsing di internet, aku mendapatkan Al Safa Bank sebagai salah satu bank syariah yg termasuk bagus. FYI, Walaupun Qatar negara Islam, bank syariah juga baru saja berkembang di sini, sehingga layanannya kalah dengan bank konvensional. Dari bbrp info yg aku dapatkan, Al Safa -- sebagai bagian syariah dari Commercial Bank yg terkenal bagusn -- juga bisa memberikan layanan yg oke. Aku test dengan menelpon call centernya, ternyata si penjawab telpon menjawab dengan cukup ramah dan detail.
Berangkatlah aku semalam ke cabang Al Safa yg hanya beberapa meter saja dari kediamanku. Memang aku datang sudah cukup malam, yaitu jam 21. Cuma bank ini memang buka dari jam 8.30pm-10.30pm selama bulan Ramadan. Kesan pertama aku masuk ke ruangan Bank ini adalah cukup nyaman. Ruang tunggunya juga didisain sedemikian rupa sehingga nyaman dan kelihatan tidak formal. Di situ juga tersedia kios antrian elektronik, yg menandakan bank ini cukup baik dalam menerapkan teknologi.
Setelah mengambil nomor antrian, aku duduk di salah satu tempat duduk, dimana juga tersedia minuman terh dan kopi. Setelah menunggu beberapa lama, dan pelanggan lain sudah tidak ada lagi, aku coba tanya ke security apakah harus menunggu sampai dipanggil, dijawab "iya".
Setelah menunggu bbrp lama lagi, aku coba tanya ke kasir bagaimana cara membuka akun baru. Dia menjelaskan bahwa aku harus ke customer service, dimana sebelumnya harus mengambil nomor dulu. Aku bilang aku sudah ambil nomor. "Please sit down" dia bilang.
Kembali aku menunggu tanpa ada kejelasan kapan akan dipanggil. Aku bila lihat sendiri paling tidak ada dua CS yg tidak sedang melayani pelanggan. Kembali aku datangi CS yg kebetulan lagi kosong. Dia bilang "Please sit down and wait until we call you".
Aku pun kembali menunggu. Waktu sudah menunjukkan jam 22.05 dan tidak terlihat tanda2 bahwa aku akan dipanggil. Akhirnya aku pulang dengan hati kesal dan tangan hampa *hiks*

Pertanyaannya:
- Apakah bank di Qatar memang tidak butuh customer, sehingga tidak perlu melayani calon customer baru?
- Apakah itu yg disebut bank dengan kategori "bagus"? Bgmn dengan yg jelek?
- Apakah mereka mengenal "customer satisfaction?

Tidak ada komentar:

Post Top Ad