Research: Salary and Cost of Living in Middle East - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Research: Salary and Cost of Living in Middle East

Berikut informasi sebagai acuan dan pertimbangan apabila ingin menentukan untuk memilih kerja di timur tengah, khususnya Qatar.
Menurut report dari suatu lembaga penelitian, peningkatan gaji di Qatar termasuk tinggi bila dibanding negara2 teluk lainnya. Sayangnya report ini tidak mencantumkan berapa rata2 gaji yg ditawarkan untuk orang yg baru akan bergabung.

Tetapi di sisi lain, inflasi Qatar termasuk sangat tinggi dibanding negara2 tetangganya. Inflasi ini utamanya dipicu dari sektor property, dimana harga perumahan terus melambung tinggi.
Begitu juga dengan harga sewa rumah, di Qatar merupakan harga sewa rumah termahal di kawasan teluk. Mungkin juga bila dibanding dg seluruh dunia. Bayangkan saja, untuk apartemen dengan 2 kamar tidur, Anda harus membayar 1930USD (sekitar 18 Juta rupiah) per bulan.
Kesimpulan, berikut ini bbrp pertimbangan sebelum Anda memutuskan terbang ke Qatar:
  • Pastikan offer yg Anda sangat menarik dan atraktif, mengingat seharusnya Qatar sebenarnya mampu untuk membayar Anda secara tinggi.
  • Hitung cost of living dan pastikan Anda tidak nombok dalam bbrp tahun ke depan, mengingat inflasi yg cukup tinggi
  • Pastikan di kontrak mencantumkan bgmn akomodasi Anda di Qatar, apakah disediakan atau diberikan uang akomodasi. Mengingat harga sewa rumah yg sangat tinggi
Mau baca reportnya secara detil? Silahkan download dari link berikut:

42 komentar:

rully mengatakan...

Tolong dibantu infonya untuk cost living Orang Indonesia disana? Saya dapat tawaran kerja 15k Qr di doha apakah cukup jika nantinya saya membawa istri dan 2 anak saya? saya senang dengan adanya blog ini ..dengan bantuan saudara2 disana saya bisa mempertimbangkan lagi untuk kerja dan hidup disana...terima kasih.

Syarif Achmad mengatakan...

rully, silahkan browsing di blog ini. Saya sudah posting bbrp informasi ttg cost of living. Secara kasar, sewa rumah sekitar 6K-10KQR/bln. Kebutuhan sehari2 sekitar 2K-3K/bln. Sekolah sekitar 20K/tahun. Transport 1K/bln.

Anonim mengatakan...

kebetulan ME bergaji hampir sama dengan anda di persh oil.
jika 15,000 itu masih ada plus2nya ( rumah dan bayar2nya ditanggung 100%(sekitar 8000QR) diluar 15,000 ; sekolah ditanggung diluar 15,000 ; furniture ditanggung diluar yg 15,000 ; tiket pulang ditanggung utk 1 keluarga 2x setahun ; transportasi ditanggung diluar 15,000 ) maka ambil saja. jika ternyata tidak, anda perlu berhitung - hitung dengan kondisi anda di indonesia.

anda disini pasti perlu memulai hidup baru semua dari awal. ya mirip sekali saat anda baru menikah / punya anak / beli rumah. saat itu tabungan anda di reset jadi 0 kan ? ya mirip gitu juga. jika yg saya beritahukan tidak ditanggung diluar gaji. ya anda perlu bersiap tidak menabung dalam waktu 6bulan - 1 tahun. memang sangat sayang untuk mereka yg sudah mempunyai modal ( baca : mulai mapan )di indonesia karena harus memulai lagi dari nol.

Anonim mengatakan...

tambahan dikit :

apakah tujuan anda?
1.jika anda ingin memulai hidup baru bersama keluarga dimana ingin waktu luang banyak bersama keluarga tanpa melihat prioritas kearah saving. TAKE IT

2.jika gaji anda di indonesia sudah 15-20juta dan punya rumah dan mobil dan anak sekolah. dan PRIORITAS anda ingin saving diatas 15juta rupiah di qatar ( salary 12K QR - rumah + furniture udah termasuk yg 15K) dengan bawa keluarga. TOTALLY FORGET IT.

ini bukan pesimistic lho ya. ini analisis saya yang bersalary sama dengan anda.

Anonim mengatakan...

Mas Syarif, apakah Mas tahu berapa harga "pasaran" untuk di rasgas atau QP untuk orang dengan background accounting dan >8 tahun pengalaman di industri migas? Terima kasih.

Syarif Achmad mengatakan...

Pastinya saya kurang tahu. Teman2 yg berasal dari beragam bidang biasanya ditawari lebih dari 10K untuk pengalaman lebih dari 8 tahun

Anonim mengatakan...

O, begitu. Terima kasih sekali lagi atas infonya, Mas.

Anonim mengatakan...

eh 10K itu QR atau USD pak ?

Syarif Achmad mengatakan...

Tentu saja itu 10K QR. Kalau 10K USD per bulan saya juga mau hehehe

Anonim mengatakan...

Bang Syarif, mau tanya klo gaji operator powerplant di qatar, ada info baru bang berapa ya bang? makasih yang bang atas infonya

Syarif Achmad mengatakan...

kasarannya sekitar kurang lebih 6000-8000QR

Inez mengatakan...

Bang syarif,
saya mau tanya kalau suami saya dapat job offer di Qatar dgn salaray QR 8000 (saya dapat apt dan sekolah anak di tanggung) cukupkah utk hidup dengan satu anak? dan apakah saya sebagai istrinya bisa mencari pekerjaan di sana..thanks. Wassalam

Syarif Achmad mengatakan...

Mbak Inez, saya rasa dg gaji segitu bisa cukup koq di Qatar. Insya Allah bisa nabung juga.

fachrul mengatakan...

Mas Syarif yang baik hati saya mau tanya dong....saya dapat tawaran di Qatar airways base di Doha, sbg ticketing staff..
brapa sih nego gaji di sana..sya sudah baru nikah...tolong yach

Didin mengatakan...

Mas Syarif,

Saya ada rencana kerja di Doha sebagai Operator Autocad (drafter) Arsitek/Urban designer kira-kira salary bersih diluar Asuransi kesehatan, Pondokan dan akomodasi perbulannya berapa yach?

Terima kasih atas bantuannya.
Regads
Didin at didin.saepudin@gmail.com

Syarif Achmad mengatakan...

@Fachrul & Didin, maaf saya kurang tahu salary untuk bidang yg Anda tuju. Tunggu aja offernya, setelah itu baru putuskan apakah salary dan benefitnya cukup menarik atau tidak. Terus terang hal ini sangat tergantung masing2 orang.

Anonim mengatakan...

mas syarif salam kenal

saya adi,saya berkerja sebagai motion graphic artist.saya dr jakarta saya mau nanya2 nih.saya dapat tawaran dr perusahaan brand design dr qatar, yg bergerak di bidang company branding, advertising etc . namanya nucleus, ngakunya cabang dr UK. mreka menawarkan: Apart from salary, we provide: Accommodation + Annual leave + Air Ticket + Local Conveyance + Communication Allowance + Insurance + Medical Benefits, mreka mau tau brapa gaji yang saya minta. saya masih bertanya2 benarkah ini? gt mas. kira2 brapa yg sebaiknya saya ajukan. pengalaman saya sudah 7 thn kategori senior designer. trimakasih . mohon bantuannya

Anonim mengatakan...

oh maaf klo ada info tolong email ke :

cute_byx@yahoo.com

terimakasih / adi

Syarif Achmad mengatakan...

Itu memang standard benefit yg disediakan perusahaan pada umumnya di Qatar.
Masalah gaji, sy kurang tahu. Yang jelas, pastikan Anda mendapatkan gaji bersih minimum 2x gaji Anda sekarang.

Anonim mengatakan...

mas trimakasih atas infonya .
klo 1QR = ? Rp

jadi saya bisa perhitungkan.
biaya hidup d sana mahal bgt ga sih mas?
dr blog mas ini terlihat qatar itu sangat mahal biaya hidupnya.

apa masih bisa nabung jga? jgn sampe kesono malah blangsak jga ujungnya.

thanks ya / adi

Anonim mengatakan...

oh maaf numpang tanya lagi mas. . .

untuk bisa tau perusahaan itu bener tau gak gmana ya mas?
dan biasanya untuk interview gimana caranya ?
apa mreka yg nelpon kita atau gmana.

trimakasih maaf udah ngerepotin.

Syarif Achmad mengatakan...

@Adi, 1QR=2500Rp
biaya hidup cukup mahal, jadi benar2 hitung sebelum berangkat. daftar biaya hidup sudah saya sampaikan sebelumnya di-blog ini.

Untuk tahu perusahaannya gimana, suah juga. Paling2 cek websitenya. Nanti juga lihat penawarannya spt apa.

Utk interview, biasanya lewat telpon. Kadang2 mereka datang ke Indonesia. Atau kita yg dipanggil ke Qatar.

Nggak masalah, Mas. Sebaiknya Anda ikut milis tentangqatar@googlegroups.com untuk diskusi lebih jauh

eka mengatakan...

mas syarif siang td sya dpt tlp dr orang yg nawarin krja . yg mau saya tanya lagi mas,

klo tlp dr qatar ke indonesia, masuk ke hp akan muncul no brapa ya?
krna no dia itu kynya no lokal deh.
gt mas. thanks.

Syarif Achmad mengatakan...

@Eka, tergantung org yg nelp itu pakai jalur apa. Kalo dia pakai SLI, maka yg keluar adalah nomor Qatar. Kalo dia pakai VOIP, kadang2 keluar nomor Indonesia, bahkan tidak ada nomornya

eka mengatakan...

mas syarif, ini alamt kantor mereka.
ini bener gak ya?
saya minta email mas ya nanti mau saya
attach employment offer mereka ya
tolong di bantu thanks

adi eka

Doha Administration Towers
Grand Hamad Street
POBOX : 8486, Doha Qatar
Tel +9744984712
Fax +9744324446

Syarif Achmad mengatakan...

Eka, yg saya tahu memang ada "Grand Hamad Street" di Doha. Di situ memang banyak kantor2 perusahaan. Sejujurnya saya sendiri tidak bisa memverifikasi mengenai keabsahan perusahaan tersebut, karena seperti juga di Indonesia, perusahaan di Qatar banyak sekali.

email saya: sarep000 at yahoo dot com

eka mengatakan...

mas emailnya
sarep000@yahoo.com ???
gni bukan?

Anonim mengatakan...

Saat ini saya punya pekerjaan tetap di indonesia dengan gaji kalo dalam QR sekitar 8500/bulan. dapat tawaran 50K/bulan (all in, kecuali tiket & travel allowance) tapi hanya untuk contract 6 bulan, berarti saya mengadaikan pekerjaan tetap saya sebesar 240K, tawaran ini untuk saya jadi menarik kalau kedepannya setelah 6 bulan probalility mendapat pekerjaan di Qatar baru bisa lebih besar, pertanyaanya adalah apakah mudah untuk mencari pekerjaan di Qatar? apakah dengan say 15K cukup untuk hidup membujang di Qatar?

Syarif Achmad mengatakan...

Tidak mudah untuk pindah dari satu company ke company lain. Kalo cuma 6 bulan, menurut saya sayang untuk meninggalkan pekerjaan lama di Qatar.
QR15K per bulan cukup untuk bujangan tinggal di Qatar

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Bang Syarif,... Saya mau tanya, kalau basic salary-nya QR 4105, biasanya take home pay kira2 dapat berapa ya?

Syarif Achmad mengatakan...

Waalaikum salam. @Anonim, Anda lihat aja kontraknya gimana. Apa saja tambahan diluar gaji. Kalau tidak tertulis dikontrak, ya tidak ada.

Birojasasalsakorporindo mengatakan...

Salam untuk semua...

langsung saja pada point nya saya berencana sekali untuk tinggal dan kerja di qatar. pekerjaan dan posisi terakhir saya adalah HRGA/Procurement Coordinator di sebuah perusahaan heavy duty (alat berat) dari bulan Maret 2009 yang lalu. dan sekarang saya lagi mencari info yang sebanyak-banyak nya ttg qatar semoga dari milis ini saya mendapat info job yang sesuai dengan saya. Wassalam.

Aspirasirakyat.com mengatakan...

Assalamu'alaikum bang Syarif,Biasanya para TKI yang bekerja di Qatar,seperti tukang kayu,tukang batu,konstruksi itu pada tinggal di mana ya ? Saya dan teman berencana pergi ke Qatar sebagai tukang tersebut dengan gaji 1200QR per bulan,tetapi makan da tempat tinggal ditanggung perusahaan,kira2 gaji segitu cocok gak ? Soalnya saya pekerja biasa di Indonesia gaji per bulan Rp 1,5 jt,anak 1,utang banyak.Mendingan saya ke Qatar atau tetap di RI.Tolong mas jawabannya ? dan bila mas Syarif tahu tentang kehidupan TKI di sana,kasih tahu dong blognya.Trims

Syarif Achmad mengatakan...

Biasanya disediakan tempat tinggal berupa portacabin atau tempat tinggal berupa rumah untuk tinggal bersama2. Bentuknya sangat beragam, mulai dari yg cukup nyaman sampai dengan seadanya saja.
Kalau beruntung, bisa dapat di sekitar kota, kalau tidak, bisa2 dapat di lokasi remote yang jauh dari mana2. Biasanya makanan disediakan.
Gajinya memang kurang lebih segitu.
Tergantung kondisi masing2, Mas. Kalau betah jauh2an dari keluarga dan mau bersusah payah untuk tidak pulang sih boleh aja.
Hanya saja perlu diingat, sekali memutuskan ke Qatar, susah untuk kembali sebelum kontrak habis.

Rusda Amali mengatakan...

asslmkm
mas aq mw tanya,,baru2 ini aq dapet tawaran kerja di qatar katanya dari perusahan advertising gitu (yg nawarin bosnya sodara aq yg pernah kerja dsn jg), dengan tawaran gaji USD 500, disediakan apartemen+makan+pengurusan tiket+visa oleh mreka.yg mw aq tanyain dengan gaji segitu utk aq yg msh single cukup ga ya ?sekarang ini aq kerja dengan gaji +- 1.3jt/bulan.
oia,,1k itu brp sih?kl aq liat USD500 =1820 qar, 1k itu brp qar??
mksih sblmnya

Syarif Achmad mengatakan...

1QR=2700Rp

Untuk gaji segitu sebenarnya cukup aja dengan asumsi semua ditanggung perusahaan. Tapi mungkin untuk bisa nabung jadi gak banyak. Dan tinggal di tempat yang jauh dari keluarga juga harus dipertimbangkan.

Kalau bisa nego aja utk dapat gaji yang di atas itu akan lebih baik lagi.

Rusda Amali mengatakan...

makasih bgt nih langsung dijawab,,hee
katanya sih kl kerjaan kt bagus gaji bisa naik,,tapi ya paitnya aja dulu segitu...
kl tmpt tinggal=makan disediakan kira2 biaya hidup yg keluar slama dsn biasanya utk apa sj sih pak??tq b4

Syarif Achmad mengatakan...

Jangan percaya "janji surga". Anggap aja apa yg kita dapat itu untuk selamanya.

Kalau semua ditanggung, ya tinggal untuk taksi kalau mau jalan2 ke mall atau beli kebutuhan sehari2 aja. Kalau ini sangat tergantung masing2 orang. Kalo betah gak kemana2 ya bisa ditabung semua.

Untuk layanan telpon genggam jauh lebih mahal dibanding Indonesia. KArtu perdana 50QR. Langganan BB QR15/minggu.

Rusda Amali mengatakan...

satu lagi pak,perbandingannya gaji segitu di qatar sama dengan gaji brp di indo?kira2 aja
mksih bgt nih

Syarif Achmad mengatakan...

Wah susah juga. Tapi biasanya saya sarankan untuk nego minimal 3x gaji di Indonesia.

Lia812 mengatakan...

Pak Syarif Yth, boleh minta infonya untuk gaji executive secretary di duha, Qatar? saat ini gaji sy 13jt, kalo harus dikalikan 3 berarti sy harus minta 39jt / QR2700 = QR 14,500, dan kl sy mark up sedikit sekitar QR17,000 an apa masih pantas? karena cuma contract 2th.
1 lagi, kira2 apa suka/dukanya sy woman single fighter untuk bekerja di Qatar? apa yang harus diperhatikan? Terimakasih untuk masukkannya.

nasa tulakbar mengatakan...

Denger denger gaji di eropa lebih tinggi, kerja di perusahaan oil & Gas di negara Norwegia

Post Top Ad