Qatar Visa for Family - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Qatar Visa for Family

Kemarin sempat diskusi via chat dengan teman yg baru datang ke Qatar. Kebetulan RPnya (resident permit) sudah selesai. Jadi dia bermaksud membawa istri dan anaknya ke Qatar. Ada dua pertanyaan mendasar dari dia, yaitu masalah visa dan tiket.
Untuk visa keluarga, kita bisa mengajukannya ke kantor imigrasi yg ada di dekat bandara. Syaratnya antara lain: mengisi formulir (seperti biasa), foto (kita sendiri, istri dan anak), surat nikah dan akte lahir anak. Untuk surat nikah dan akte lahir anak sebaiknya yg sudah diterjemahkan. Terjemahan bisa dibawa dari Indonesia, dengan menggunakan layanan dari penterjemah tersumpah atau bisa juga minta terjemah di KBRI Doha. Selain itu, mungkin dibutuhkan juga approval dari perusahaan. Untuk visa ini pengurusannya mungkin agak lama.
Kalau memang terburu2, ada bbrp teman yg menggunakan visa turis untuk keluarganya. Setelah sampai di sini baru di-conversi ke visa keluarga. Waktu untuk pengurusan visa turis biasanya kurang dari sehari.
Yang kedua adalah masalah tiket. Istrinya mencoba membooking pesawat dari Jakarta, tetapi oleh travel agent yg di Jkt diminta langsung pesan return tiket. Lha, lucu, ka? Orang mau pindah ke Qatar koq dimintain return tiket.
Aku sarankan untuk pesan dari Qatar. Prosesnya lebih mudah, apalagi ada bbrp rekan dari Indonesia kerja di travel agent yg bisa membantu. Nanti tiketnya bisa dikirim ke Indonesia lewat maskapai penerbangan tersebut. Atau kalau memang mau dijemput, cetak aja di Qatar, nanti dibawa sendiri.
"Trus masalah cuti gimana? Kan Saya belum 3 bulan" Ini sangat tergantung kebijakan manajer kita di kantor. Banyak teman2 yg bisa dapat seminggu libur untuk menjemput keluarga. Kalau kepepetnya, bisa juga pulang pas weekend. Berangkat Kamis malam, sampai di Doha lagi Sabtu malam. Lumayan, bisa di Jakarta sehari. Cuma capeknya juga lumayan.

5 komentar:

Syarif Achmad mengatakan...

from arfan:
Mas Syarif, kalo visa turis pengurusanya dimana ya? dan persyaratannya apa saja? Trims....

Syarif:
visa turis syaratnya sama aja, tanpa perlu approval kantor. Tempatnya di kantor imigrasi juga

Syarif Achmad mengatakan...

arfan: Makasih jwbannya Mas, oya perlu ada surat ket dr hotel ga? saya pernah dengar ada yg perlu ini dan ini yg bikin mahal :( mohon infonya ya...trims..

Syarif: Setahu saya nggak perlu surat dr hotel, asal si penanggung sudah punya resident permitnya qatar.

Syarif Achmad mengatakan...

arfan: Mas Syarif, untuk visa turis berlaku berapa lama ya? bisa diperpanjang ga ya selama RP istri/anak belum jadi?

Syarif: Visa turis berlaku 2 minggu, bisa diperpanjang lagi 2 minggu. Visa/RP harus langsung diurus secepatnya

ichaawe mengatakan...

ternyata bisa yah memboyong keluarga langsung begitu.

kok suami saya, perusahaannya bilang baru bs memboyong keluarga setelah bekerja 1-2 tahun dulu disana.
Perusahaannya pelit ato gimana niy???

tolong dong pak penjelasannya.

Syarif Achmad mengatakan...

@ichaawae, untuk membawa keluarga ke Qatar memang ada syarat2nya, bu. Termasuk keterangan bahwa perusaaan tidak keberatan kita membawa keluarga. Mmg ada bbrp perusahaan yg mensyaratkan setahun/dua tahun dulu baru bs bawa keluarga.

Post Top Ad