Garangao Festival - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Tarhib Ramadhan di KBRI Doha 26 Mei 2017 Jam 18-21

Post Top Ad

Garangao Festival


Hari minggu yang lalu sempat bingung juga pada saat ada pemberitahun dari sekolah mengenai Garangao. Dimana anak2 diminta untuk memakai pakaian adat masing2 bila memungkinkan. Tapi akhirnya aku putuskan anak2ku memakai baju koko aja. Mana kepikir untuk membawa pakaian adat ke negeri asing seperti ini.
Ternyata Garangao (atau ada juga yg menuliskannya Garangoo) adalah suatu perayaan dalam rangka menyambut 15 Ramadan. Kurang tahu bagaimana sejarahnya, yang jelas hampir semua sekolah melakukan acara parade pakaian tradisional ini.
Sebenarnya Garangao sendiri dilakukan oleh orang Qatar pada tanggal 14 Ramadan malam. Anak2 "keliling kampung" sambil bernyanyi2 di depan tiap rumah. Rumah2 tersebut juga akan menyediakan kacang dan permen untuk dibagikan ke anak2 tersebut. Mirip haloween gitu. Tapi ini versi Arab.
Lain halnya di sekolah, anak2 diajak berparade pakaian tradisional dan akan dibagikan makanan kecil, kacang dan permen untuk dinikmati bersama. Aku sendiri cuikup terkesan akan acara ini. Simpel tapi menarik,

Tidak ada komentar:

Post Top Ad