About Driving License Test (Again?) - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

About Driving License Test (Again?)

Saya sudah cukup banyak menulis tentang tes SIM, mulai dari pendaftaran, latihan dan ujian. Sempat juga aku posting tentang tips2 untuk bisa lulus ujian SIM.
Tetapi hari kemarin cukup menegangkan bagiku. Karena yg ujian bukan aku sendiri, melainkan istriku. Malam sebelumnya aku tes dia dengan rambu2. Tetap aja masih ada bbrp yg lupa. Memang kata2 yg digunakan di brosur dari driving school tidak standard. Lumayan mempersulit kita untuk menghafalnya. Untungnya setelah bbrp kali diuji, akhirnya aku cukup yakin dia akan lulus ujian signal (rambu2).
Nah, untuk selanjutnya yaitu tes parkir dan jalan aku sudah pasrah. Aku hanya bisa berdoa dari rumah, mudah2an dia tidak grogi. Dari sisi pengalaman nyetir, dia sudah bisa nyetir duluan dibanding aku. Jadi aku tidak terlalu khawatir. Cuma kalau sampai dia grogi berat, bisa2 bikin failed.
Dia mulai tes jam 15, cuma aku sarankan untuk datang lebih awal. Biar tidak kaget dan bisa menyesuaikan dengan suasana di sana. Selain itu bisa belajar rambu2 di papan tulis yang tertempel di tempat kursus. Sampai jam 18 belum ada berita, berarti bagus. Aku juga nggak berani ganggu dengan menelponnya, takutnya dia lagi ujian saat aku telpon.
Akhirnya dia ngasih kabar, bahwa dia tinggal menunggu hasil road test. Berarti cuma tinggal satu pengumuman. Aku coba datang ke tempat ujian. Ternyata akhirnya dia lulus. Alhamdulillah.
Bbrp pelajaran yg aku dapatkan dari cerita istriku:
1. Jangan grogi & kendalikan diri. Ini faktor yg sering membuat orang gagal. Ada yg lupa pasang seat belt, lupa hand brake, lupa lampu sein, dll. Untuk mengatasi ini, aku sarankan istriku untuk selalu menghela nafas, apabila dia nervous.
2. Bersiap untuk menemukan situasi yg ekstrim. Waktu aku ujian, aku mendapati kopling mobilku bermasalah. Istriku mendapati kondisi mobilnya berbeda dengan yg biasa dipakai, sehingga bikin panik. Temenku yg biasa pakai Nissan Sunny, waktu ujian memakai Mitsubishi Lancer, juga bikin gak nyaman.

Malamnya aku dapatkan berita gembira lagi, bahwa ada pembaca blog ini yg lulus ujian SIM juga tanpa kursus. Selamat buat mas Eko.

Berikut ini link seputar driving license:
1. Mendaftarkan diri ke kantor polisi di Madinath Khalifa
2. Cerita tentang kursus part1, Part2 dan Part3
3. Pelaksanaan ujian
4. Tips2 untuk menghadapi ujian

Tidak ada komentar:

Post Top Ad