Q&A: Housing, Car and School - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Q&A: Housing, Car and School

Ini potongan email dari salah seorang teman yg sebentar lagi akan berangkat ke Qatar. Aku yakin banyak yg punya pertanyaan serupa, jadi aku posting di sini aja.
Saya sudah pernah coba browsing (rumah) ke website gulf-times dan download classified-nya, tapi ternyata vacancy yang ada kebanyakan over dari budget saya (QR 7,000/bulan all in-termasuk air,gas,listrik, kebersihan untuk 2 BR S/F). Untuk situs Qatar Living, sudah pernah saya buka, tapi belum banyak browsing page untuk classified-nya.
Oh ya, kalo bapak berkenan, saya juga perlu masukan mengenai kendaraan. Setahu saya, kebanyakan karyawan (QP dan RasGas) berkantor di Ras Laffan yang jaraknya 80an KM dari Doha. Apa moda transport yang dipakai oleh para karyawan baru (yang blm punya SIM lokal dan mobil sendiri) untuk bolak-balik kantor?
Masih menyangkut transport, saya sudah cek website www.drivearabia.com yang bapak sarankan. Ternyata harga mobil di sana tidak semurah yang pernah diinfokan oleh salah satu expat Indo via blog-nya (sayang saya lupa namanya). Dia klaim harga mobil di Qatar hanya 1/3 dari harga di Indonesia. Tapi yang saya lihat di drivearabia, mungkin paling murah hanya 1/2 harga. Bagaimana pengalaman Bapak sendiri?
Untuk pendidikan anak, saya juga sudah cek situs beberapa sekolah berdasarkan info di blog bapak. Tapi tidak ada kejelasan mengenai sekolah mana yang akhirnya dipilih untuk anak bapak. Mohon info, khususnya bagaimana kenyataan (mengenai kualitas pendidikan) setelah anak bapak mengikuti kegiatan pendidikan di sekolah tsb. Yang saya pernah baca, sekolah American School of Doha (www.asd.edu.qa) juga bagus, tapi Bapak belum cantumkan di link daftar sekolah.
Berikut ini jawabanku:
Untuk cari rumah sendiri saya survey iseng2 selama 1 bulan. Seriusnya sekitar 2 minggu. Alhamdulillah dapat tempat yg cukup nyaman di tengah kota dengan harga yg lumayan masuk akal.
Sepertinya untuk RasGas disediakan bis jemputan setiap pagi dan sore untuk berangkat ke Ras Laffan. Rekan2 QP yg kerja di Ras Laffan dan blm punya SIM/mobil biasanya nebeng teman sekantor. Ini cukup umum. Rata2 si sopir juga dg senang hati ditebengi, karena perjalanan yg panjang dan penuh dengan padang pasir,
bahaya kalau sendirian dan ngantuk. Kalau ada teman bicara kan bisa melek terus.
Untuk harga mobil, menurut saya harganya sekitar 2/3 dari Indonesia. Harga yg setengah pun jarang. Kalau baca di drivearabia, patokannya adalah harga tertinggi. Harga termurah jarang sekali bisa ditemui.
Mengenai sekolah, sebenarnya ada cerita ttg itu. Kalau tidak salah di blog istri saya tentangqatar4w.blogspot.com. Anak saya sekolah di English Modern School (EMS). Karena saat itu yg masih terima pendaftaran tinggal EMS dan Newton International School.Berita terbaru yg saya baru dengar kemarin, EMS sekarang sudah tutup pendaftaran karena sudah penuh. Kalau sudah kelas yg cukup tinggi (5,6,7) pilihannya lumayan banyak: Doha Montessori dan Cambridge setahu saya masih buka.
Di kantor saya ada batasan budget untuk sekolah anak. Terus terang memang ASD bagus, cuma harganya dua kali lebih mahal rata2 international school di Qatar. Kalau saya masukin anak ke ASD nomboknya kebanyakan hehehe.
Sejauh ini kesan saya terhadap EMS cukup bagus. Gedungnya besar, lapangannya luas, kamar mandinya bersih, gurunya juga cukup oke. Anak2 saya sendiri baru akan masuk sekolah 10 Sept ini, jadi belum bisa komentar banyak. Saya dengar Newton akan buka cabang baru di daerah Mamoura. Jadi memang Newton bisa menjadi alternatif untuk menyekolahkan anak, karena daya tampungnya yang besar.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad