Driving License Registration - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Driving License Registration

Sebelum bisa kursus buat setir mobil atau ikut ujian, peserta diwajibkan untuk mendaftarkan diri dahulu ke kantor Lalu Lintas. Yang cukup banyak didatangi adalah kantor yang ada di Madinath Khalifa. Lokasinya tidak jauh dari perempatan Markhiya yang ada Burger King. Kalau dari TV Round About, tinggal lurus terus. Di sebelah kanan nanti akan ada gedung kantor, yang (kaya'nya) satu2nya di situ. Gerbangnya akan bisa ditemukan dengan mudah, karena Ada tulisan "Welcome to Traffic Department" yang lumayan gede. Di peta Doha, juga ada lokasi Traffic Dept ini.
Sebelum berangkat ke sana, jangan lupa membawa syarat2 sbb:
1. Pas foto ukuran passport 3 buah
2. Copy ID (Passport/ RP Qatar/ Visa, pokoke semua deh)
3. Copy ID Sponsor. Sponsor ini bisa kantor atau perorangan (Suami/Ortu/Bos). Kalau sponsornya kantor, harus ada cap dari kantor.
4. SIM Asli (kalau pernah punya di Indonesia)

Sesampai di sana, akan banyak tukang ketik yg menawarkan jasa pengetikan untuk mengisi lembar formulir registrasi. Lokasi tukang ketik itu ada di seberang kantor. Bentuknya seperti rumah semi permanen dengan pintu kecil di depannya. Biayanya cuma 5QR.
Mereka juga akan menawarkan jasa "pengurusan" yang nilainya beragam. Untuk jasa ini kurang saya rekomendasikan, karena prosesnya cukup simpel, asal kita mau tanya2. Ada beberpa orang di dalam kantor tersebut yang cukup baik dan mau menolong apabila kita tanya2. Jadi kalau mereka menawarkan jasa tersebut bilang aja "No". Kadang2 bahasa mereka yang umumnya orang Sudan memang agak sulit untuk dimengerti.
Setelah formulir diisi, sponsor harus menandatanginya. Nanti si tukang ketik akan memberi tahu di bagian mana si sponsor harus tanda tangan. Dia juga akan membantu menempelkan foto di formulir tersebut.

Setelah itu, masuk ke gedung Traffic, dan cari tulisan "Driving License" yang berada di ujung gedung. Tulisannya cukup besar untuk bisa ditemukan dengan mudah.
Masuk ke gedung itu, sudah ada bbrp meja yang siap melayani. Tinggal berikan formulir dan semua kelengkapannya, maka tidak akan lama proses pendaftaran di situ selesai. Habis itu, naik ke lantai 2 untuk periksa mata. Ada meja registrasinya juga, dimana kita akan diberikan nomor antrian seperti yang sering kita temukan di Bank.
Kita tinggal menunggu nomor kita dipanggil. Periksa mata pun cukup cepat. Hanya diminta untuk membaca tulisan sepeti kalau kita periksa mata di optik.BTW, untuk yang berkacamata, sebaiknya membawa foto lengkap dengan kacamatanya. Katanya, sih kalau fotonya nggak pakai kacamata, waktu test mata gak boleh pakai kacamata.

Setelah itu, kita harus minta semacam approval ke "kapten". Di sini kita harus menunjukkan SIM kita yang asli. Dia akan memberikan bbrp coretan di formulir tersebut. Maaf saja, aku sendiri gak bisa baca, karena pakai tulisan arab dan tidak terlalu rapi.

Selesai. Tinggal mau kursus atau langsung ujian. Akan ada 2 kesempatan ujian.

Tidak ada komentar:

Post Top Ad