About Visa - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

About Visa

Menjawab pertanyaan bbrp orang teman tentang visa, berikut ini informasi yg aku tahu sampai saat ini:
Jenis2 visa:
- Visa by Sponsorship
- Company Sponsor (untuk karyawan perusahaan)
Biasanya berlaku bbrp bulan, karena setelah di Qatar, nanti di-convert menjadi RP (resident permit). Untuk proses mendapatkan resident permit, harus melalui test kesehatan dan finger printing. Ceritanya ada di posting-ku yg lain.
- Personal Sponsor (untuk pekerja di rumah)
Sama dengan karyawan. Bila mau menyeponsori orang, biayanya 1000an QR. Dan ada aturan bhw kita tidak diperkenankan mempekerjakan orang dari satu negara.
- Family Visit
Berlaku 1 bulan. Bisa diperpanjang maksimum 5 bulan untuk keluarga dekat. Kalau keluarga jauh maksimum 2 bulan extension. Biayanya sekitar 200QR per passport.
- Visa for Wives and Children
Sama dengan visa karyawan. Cuma kalo ini yg menyeponsori adalah orang tua atau suami. Bbrp perusahaan memberikan fasilitas untuk family visa ini. Biayanya (menurut website) sekitar 500QR per passport.
- Tourist Visa
Berlaku 2 minggu dan bisa diperpanjang 2 minggu lagi. Biaya 55QR per passport.

Prosedurnya tinggal datang ke kantor imigrasi di dekat bandara, lalu menyerahkan syarat2nya. Syaratnya antara lain: ID sponsor dan bukti hubungan keluarga (KK atau akte lahir) serta menyerahkan biaya administrasi. Nanti diberikan nomor registrasi yg bisa dilihat statusnya di internet (www.e.gov.qa). Kalau sudah selesai, tinggal di-print dan datang ke Qatar.

24 komentar:

Veira Adinaiea mengatakan...

salam kenal,.
saya nia dari indonesia, rencananya bulan depan saya akan ke Qatar untuk mengikuti pameran Oil and gas selama 1 minggu. yg ingin saya tanyakan:
1. apakah saya perlu visa untuk ke Qatar?
2. Jenis Visanya apa ya? Visa by Sponsorship or Tourist Visa?
3. apa saja yang tidak boleh di bawa ke negara Qatar? contoh di Australia Tidak boleh membawa makanan, cairan lebih 100 ml dll.

Mohon informasinya dan terima kasih

Syarif Achmad mengatakan...

Salam kenal juga.
1. Ya. Anda perlu visa untuk masuk ke Qatar
2. Kalau Anda ikut rombongan, bisa menggunakan visa bisnis, atau visa lewat KBRI atau visa turis (lewat hotel).
3. Pada dasarnya hampir semua barang boleh masuk.

mulky mengatakan...

Bang Syarif

Mau tanya perkiraan berapa lama pembuatan visa bisnis qatar dan saudi arabia, kebetulan saya dapat tawaran dari kedua negara tsb.

Juga berapa lama pembuatan visa kerja untuk qatar dan saudi. Ini untuk mengatur jadwal saya.

Terimakasih banyak

Kata Warna Warni mengatakan...

Salam kenal juga Bang Syarif,
Sebelumnya terimakasih banyak atas artikelnya yang informatif.

Saya ingin apply visa untuk adik ibu saya. Kalau tidak salah family visit visa hanya berlaku untuk orangtua/ mertua/ saudara kandung/ ipar dari expatriate yang bekerja di sini. Sedangkan untuk keluarga lain seperti tante, om, dll harus menggunakan tourist visa yang masa berlakunya 2 minggu dengan biaya 55QR per passport. Hari ini saya coba browsing dan mendapat informasi "special condition" dari http://english.mofa.gov.qa/visa.htm yaitu sbb:
- two-way ticket on the Qatari Airways
-either the presence of immediate relatives in Qatar or booking at a hotel
- an amount of 5000 riyals or its equivalent

Apakah bang Syarif atau rekan-rekan ada yang pernah mempunyai pengalaman apply tourist visa untuk keluarga tanpa melalui hotel atau travel?

Terimakasih banyak sebelumnya ya.

Anonim mengatakan...

Pak Syarif. Tgl 9 sd 25 agust 2014 saya ke eropa pakai qatar air.ticket saya sdh ada . Recana saat pulang saya mau stop over di DOHA1 mlm saja. Apakah saya bisa urus visa di bandara DOHA?? Jika ya. Saya akan merubah ticketku nginap semlam di Doha....krn rticketku ini dari PARIS ke JAKARTA cuma transit 3-4 jm di Doha. Bagaimna pk bisa VOA atau VIS TRANSIT di bandara?? Saya akan nginap di rmh keluarga. Di DOHA.tolong dibls yaa n thnks

Syarif Achmad mengatakan...

Setahu saya visa harus diarrange sebelum kedatangan. Koner Qatar Airways dapat membantu untuk mendapatkan visa transit ini.

Anonim mengatakan...

salam kenal
saya rommy dari Indonesia

saya ingin menanyakan mengenai visa by spnsor (salah satu perusahan di Qatar), dimana kondisinya saya menolak berangkat ke Qatar dengan alasan yang rasional.

saat ini agent man power supply diindonesia meminta penalty ke saya dengan alasan mereka sudah memproses visa saya sampai direlease, kira2 berapa biaya pembuatan visa by sponsor?

terima kasih informasinya

Syarif Achmad mengatakan...

Salam kenal,
Biaya pembuatan visa kerja adalah qr 300 atau sekitar 900 ribu rupiah saja.

Tesa Takwa Wibisono mengatakan...

Salam Bang Syarif,

Perusahaan sponsor saya baru mulai memproses working permit dan visa tgl 12 nov 2014 kmrn.

kira2 dr pengalaman teman berapa lama sayabisa dptkan visa tersebut?

Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Salam pk syarif

Saya mendapatkan visa kerja ke doha dari sponsor,(work @office ).
Yg sy ingin tanyakan, 'Bagaimana proses keberangkatannya & apa saja yg saya harus siapkan di indonesia?..

Terima kasih
Salam
Erni

Syarif Achmad mengatakan...

Bu Erni,

Coba baca-baca di sini:
http://www.tentangqatar.com/article/persiapan-berangkat-ke-qatar

vrischaa mengatakan...

Mau Tanya.. untuk urusnya apakah bisa Di indonesia? Di mamanya kantornya?

Syarif Achmad mengatakan...

Setahu saya tidak bisa. Kecuali untuk kunjungan resmi atau bisnis.

puan melodya mengatakan...

Saya mw berangkat ke qatar dr perjalanan dr new york.. Saya apply visa touris atau transit? Dan apa bisa kalo sponsor dr pacar?

Syarif Achmad mengatakan...

Enaknya pakai visa turis. Tapi sponsornya harus dari tabel agent atau hotel.

Unknown mengatakan...

Maaf saya mau Tanya.. saya dapat visa visit dari pacar saya di Qatar.. pertanyaan saya harus pake Paspor biasa apa harus Epaspor? Dan cara urus2 untuk pergi kesana harus medical diindonesia nya gk ya? Karna saya gk mau medical dulu

aminah acimsena mengatakan...

Maaf saya mau Tanya.. saya dapat visa visit dari pacar saya di Qatar.. pertanyaan saya harus pake Paspor biasa apa harus Epaspor? Dan cara urus2 untuk pergi kesana harus medical diindonesia nya gk ya? Karna saya gk mau medical dulu

Syarif Achmad mengatakan...

Paspor biasa aja. Kalau cuma Visit gak perlu cek kesehatan.

Iin Inayah mengatakan...

Maaf bang syarif saya mau tanya,saya mau ke katar pake visa turis tapi tidak melalu travel dan tidak di hotel dan tanpa sponsor,apakah bisa? Dan bagaimana caranya apakah harus apply dulu ke kedutaan katar di indonesia dan brp biayanya dan brp hr prosesnya

Syarif Achmad mengatakan...

Visa Qatar hanya bisa melalui agen wisata, hotel, Qatar airways atau sponsor orang yang tinggal di Qatar. Tidak bisa langsung ke kedutaan.
Ada cara lain, yaitu menggunakan visa transit. Syaratnya harus terbang ke negara lain pakai Qatar Airways dan bisa transit maximum 3 hari di Qatar. Visa transit ini gratis.

Yonathan Anggara mengatakan...

Salam kenal, saya baru saja dinyatakan diterima bekerja di salah satu properti hotel di Doha. Dari pihak sana sudah mengirimkan kontrak dsb kemudian minta saya untuk memberikan trd serta melengkapi beberapa syarat yg akan digunakan mereka membuatkan visa untuk saya. Kira2 saya masih membutuhkan berapa lama sampai visa tersebut jadi ya? Terima kasih

Syarif Achmad mengatakan...

Biasanya sekitar 2 minggu sampai 1 bulan. Silakan bergabung ke milis tentangqatar[at]googlegroups[dot]com untuk berdiskusi lebih banyak dengan rekan-rekan di Qatar. Atau buka facebook page kami https://www.facebook.com/TentangQatar/

DewiR mengatakan...

Salam Kenal, saya mau ke Jerman menggunakan Qatar airways, dan rencana transit 1 hari di Doha, bagaimana acara apply visa turis?

Admin TQ mengatakan...

Sekarang WNI bisa dibilang bebas visa untuk masuk ke Qatar. Hanya perlu menunjukkan tiket pesawat lanjutan dan booking hotel tempat menginap.

Post Top Ad