House Hunting (Part 2: Offering Types) - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

House Hunting (Part 2: Offering Types)

Harga rumah memang jadi issue akhir2 ini. Ini berlaku untuk semua expats.
Sejauh ini sangat mustahil untuk mendapatkan villa dengan harga di bawah 10ribu QR. Kalaupun ada, itu adalah sebagian dari rumah. Bbrp tahun yang lalu, kalaupun itu part of villa, pembagiannya sangat enak. Benar2 independent. Sekarang pembagiannya sangat maksa. Salah satu villa yg aku kunjungi, membagi lantai 2 sebuah rumah menjadi 2. Di lantai 2 itu memang ada 4 kamar. Cuma, dapurnya dipaksakan di void dekat tangga. Ada lagi yg menyatakan bahwa part of villa tersebut terdiri dari 2 kamar. Kenyataannya, cuma ada ruang tamu dan ruang makan. Sebagian ruang makan dijadikan dapur.
Sedangkan untuk apartment, harganya sangat bervariasi. Fasilitas yg ditawarkanpun bervariasi. Ada yang U/F (Unfurnished), tidak ada furnitur sama sekali. Kadang2 disediakan AC. S/F (semi Furnished), ada yang hanya menyediakan AC, Cupboard dan kitchen set. Ada juga yg sampai menyediakan kompor, mesin cuci, dish washer. Sedangkan F/F sama seperti S/F, tapi sudah siap pakai. Sudah ada sofa, tempat tidur, TV, sampai2 ada yg menyediakan ironing board. Selain itu, ada yg sudah mempunyai kolam renang dan gym, ada yang tidak. Ada yang menyediakan lift, ada yg tidak.
Pemeliharaan/perbaikan fasilitas, ada yang memasukkan ini ke dalam kontrak. Sehingga kalau ada masalah listrik dan air, tinggal panggil. Ada yg lepas tangan. Perbaikan tanggung jawab tenant. Ada juga yg meminta tambahan biaya untuk perbaikan ini.
Kontrak mulai dari setahun sampai dengan 3 tahun. Kalau memang berencana lama di Qatar, tidak ada salahnya mengambil yg 3 tahun. Jadi selama 3 tahun harga tidak akan berubah. Kalau masih ragu2, ada baiknya ambil yang setahun saja.
Pengelola bisa perorangan atahu perusahaan. Begitu pula engagement, bisa lewat agent ataupun langsung ke pemilik. Jangan lupa tanya mengenai fee untuk agentnya. Ada yg hanya mengambil fee dari pemilik, ada pula agent yg mengambil fee dari penyewa.
Apalagi, ya?...... (to be continued)

Tidak ada komentar:

Post Top Ad