Formalities for Families - Tentang Qatar

Tentang Qatar

Anything about Qatar, for YOU!

Qatar Agenda

Post Top Ad

Formalities for Families

Ngurusi Resident Permit (RP) untuk keluarga tidak seperti employee. Karena kalau employee, semuanya diurusi perusahaan, kita tahu beres. Sedangkan untuk urusan keluarga, semua harus ngurus sendiri.
Berikut step2nya:
1. Pastikan semua syarat sudah beres.
2. Periksa golongan darah. Ini bisa dilakukan di klinik perusahaan atau di klinik pemerintah. Ini berlaku buat ibu dan anak2.
3. Pergi ke Medical Commission di Abu Hamour. Kalau dari Ramada, nyusuri terus Salwa Road sampai ketemu Qatar Decor R/A. Dari situ belok kiri dan lurus terus sampai mentok. Nanti ngelewati Abu Hamour petrol station, jalannya agak jelek. Kalau sudah mentok, belok kiri. Tidak jauh dari situ ada gedung dg bendera Qatar di sebelah kanan. Ada juga tulisan Medical Services.
Untuk test kesehatan, ada formulir yg harus diisi. Formulir ini berbahasa arab. Untuk pengisian formulir ini bisa di loket di medical commission atau kalau saya dibantu oleh orang HR di kantor. Jadi waktu datang ke medical commission bisa langsung ngantri cek kesehatan. Formulir ini hanya untuk anak2, bukan ibunya.
4. Setelah seminggu, berangkat ke CID (Criminal Information and Detection) untuk diambil finger printing. CID berlokasi di Al Aziziyah. Dari perempatan Qatar Decor trus lurus ke arah Industrial area, kalau ketemu roundabout, belok kanan. Nanti ketemu gedung besar yang bertulisan CID.

Syarat yg dibutuhkan:
1. Passport asli
2. Copy visa
3. Pas foto 3 lembar (latar belakang tidak boleh putih)
4. Sertifikat golongan darah dari rumah sakit/klinik di Qatar.
5. Membayar 100QR per orang di Medical services.

Saran:
1. Ada ruang khusus untuk maid dan ada untuk employee. Apstikan Anda memasuki ruang yg benar
2. Datang sepagi mungkin, sehingga bisa ngantri lebih sedikit. Pengalamanku, kalau datang jam 7an, 1.5jam juga sudah selesai semua.
3. Bawa mainan/makanan bila membawa anak2. Kalau tidak, bakalan boring.

2 komentar:

sky mengatakan...

mas.. mau tanya..
medical tes di qatar itu,apa saja?
saya dengar kalo gagal, dipulangkan lagi balik.??

kan pait tuh..

Syarif Achmad mengatakan...

Hi Sky,

Salam kenal.
Kalau medical test untuk employee, memang cukup ketat. Dalam artian, semua di-cek:mata, jantung, rontgen, darah dan urine.
Cuma selama kita normal2 aja mestinya gak ada masalah.
Kalau medical check untuk keluarga lebih ringa. Kalau untuk umur 15 tahun ke atas (termasuk istri), yg dicek darah dan rontgen. Sedangkan anak2 di bawah umur tersebut tidak dikenakan test medical.
Ada 2 tujuan test medical tersebut:
1. Untuk memastikan bahwa kita tidak mengidap penyakit menular. Penyakit yg diwaspadai antara lain Diabetes dan TBC.
2. Untuk catatan kesehatan pemerintah Qatar dan perusahaan yg merekrut kita. Sehingga bila kita meninggalkan Qatar, tidak ada claim bahwa kita mendapatkan suatu penyakit dari Qatar atau oleh karena pekerjaan kita di Qatar.

Post Top Ad